Pengertian dan Fungsi Converter

Pengertian dan Fungsi Converter

Terdapat banyak sekali komponen-komponen yang super canggih dengan fungsi dan kelebihannya masing-masing. Tak jauh berbeda dengan converter atau yang sering disebut dengan konverter ini merupakan suatu alat elektronika yang nantinya difungsikan untuk mengkonverensi arus-arus output atau arus DC maupun AC. Alat yang satu ini seringkali dimanfaatkan untuk mengubah rangkaian arus tertentu entah itu dari arus DC ke AC ataupun sebaliknya. Dengan begitu, Anda bisa mendapati keperluan arus yang sesuai, bila pun ada pengubahan dapat Anda sesuaikan dengan alat ini.

Di lihat dari kinerjanya, alat yang satu ini memang canggih dan sudah banyak diterapkan untuk beberapa kebutuhan. Salah satu hingga beberapa diantara juga dapat Anda terapkan untuk keperluan di setiap hari. Yang mana dengan adanya alat ini dapat dimanfaatkan untuk mengubah arah dan nantinya akan menyeimbangkan arus yang dibutuhkan. Sehingga dalam kata lain arus sebelum tak menjadi masalah ataupun tak menimbulkan resiko pada komponen berarus lainnya karena alat ini telah mengantisipasinya.

Alat yang digunakan untuk mengubah daya listrik atau yang disebut dengan converter ini seringkali dimanfaatkan pada dunia elektronika dan industri. Dimana pada alat ini, dapat difungsikan sebagai pengubah arus listrik yang searah menjadi bolak-balik ataupun sebaliknya. Di samping itu, difungsikan pula sebagai penyeimbang arus listrik bilamana diterapkan pada suatu benda yang bermuatan listrik tertentu. Semua fungsi-fungsi tersebut dapat disesuaikan terlebih dahulu dengan keempat macamnya, yakni:

- Cycloconverter yaitu sebuah pengubah dari arus AC ke AC dengan ukuran ataupun tekanan arus yang berbeda.
- Chopper ialah alat yang mengubah arus DC ke DC.
- Rectifier disebut sebagai pengubah arus AC ke DC.
- Inverter yang berfungsi untuk mengubah arus dari DC ke AC

Dapat dikatakan bahwa alat yang satu ini dapat dispesifikan kembali berdasarkan keperluan yang bersangkutan. Di mulai dari hitungan pengubahan arus untuk AC ke AC, DC ke DC ataupun yang sebaliknya. Dalam artian arus yang diubah tak harus yang berbeda seperti dari yang bolak-balik ke yang searah. Akan tetapi ditujukan pula untuk pengubahan arus yang sama-sama satu arah ataupun bolak-balik dengan pengubahan arusnya pada posisi tertentu ke posisi yang diinginkan. Dengan begitu, terlebih dahulu alat ini harus disesuaikan dengan macamnya untuk mendapati fungsi yang dimaksudkan.

Di lihat dari manfaatnya, alat yang berperan dalam peralihan atas pengubahan daya sesuai dengan kriteria ini bisa menjadikan kinerja suatu komponen lebih efektif dan efisien. Di mulai dari pengubahan sekaligus untuk mendapati tekanan arus sesuai dengan level yang dibutuhkan. Sama juga dengan artinya alat yang difungsikan secara spesifik untuk mengatur, mengubah serta menyeimbangkan adanya suatu arus. Dengan alat yang disebut converter ini, kinerja tersebut dapat terbantu dengan mudahnya.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments