Serba-serbi Alat Elektronik Telepon

Serba-serbi Alat Elektronik Telepon

Saat ini, di jaman yang semakin modern, masyarakat tidak dapat lepas dari alat yang bernama telepon. Alat komunikasi yang dapat menghubungkan antara orang yang satu dengan orang yang lain dengan jarak yang jauh tersebut, menjadi alat elektronik yang wajib dimiliki oleh hampir setiap orang. Akan tetapi, tidak banyak orang yang mengetahui penemu dari telepon.

Sebelumnya, Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon akan tetapi, penemu telepon pertama kali adalah seorang imigran Firenzie (Florence), Italia yang bernama Antonio Santi Giuseppe Meuci. Meuci menemukan dan menciptakan telepon pada tahun 1849 dan kemudian mematenkannya di tahun 1871. Antonio Meucci saat itu jatuh miskin di tahun 1850 dan pindah ke Staten Island, New York dan menyempurnakan telepon buatannya.

Istri Meucci akhirnya menjual barang ciptaannya seharga $6 untuk pengobatan dan ketika sembuh Meucci bekerja untuk membayar hak paten telepon di tahun 1871 namun hanya untuk hak paten sementara. Ketika 2 tahun kemudian setelah mendemonstrasikan telegraf berbicara, Meucci meminta materi telepon dari perusahaan telegraf Western Union namun pihak perusahaan mengatakan hilang. Kemudian di tahun 1876, Alexander Graham Bell disebut menjadi orang yang menemukan telepon. Akan tetapi, saat Meucci memprotes di Kantor Paten AS, ia kalah dan setelah ada permusuhan antara Bell dan Western Union, terungkap jika Bell menyetujui untuk membayar 20% atas keuntungan komersil penemuan alat elektronik telepon ke Western Union selama 17 tahun.

Sedangkan handphone pertama, ditemukan oleh Martin Cooper yang merupakan seorang GM dari perusahaan Motorola di bagian divisi komunikasi. Cooper mengaplikasikan teknologi telepon dengan menggunakan sistem wireless yang pada umumnya dipergunakan pada radio untuk polisi atau HT. Motorola menjadi perusahaan pertama yang menjual temuan handphone milik Cooper yang telah disempurnakan sebelumnya di tahun 1983 dan handphone tersebut bernama DynaTAC. Perusahaan tersebut harus mengeluarkan biaya hingga $1 juta dan di tahun 1983 tersebut, telepon genggam tersebut dihargai $4 ribu atau setara dengan Rp 36 juta.

Jika telepon pertama ditemukan oleh Antonio Meucci dan handphone modern pertama ditemukan oleh Martin Cooper maka telepon selullar pertama ditemukan oleh Nathan Stubblefield. Telepon selullar yang diciptakan oleh Nathan yang memiliki ukuran yang besar tersebut mampu menjangkau hingga ½ mill. Nathan yang diakui sebagai bapak Teknologi Telepon selullar di 100 tahun setelah penemuannya dipatenkan tersebut hanya seorang petani melon. Telepon nirkabel buatan dari Nathan tersebut sayangnya tidak sukses walaupun saat ini Virgin Mobile membuat page khusus di website resminya untuk menandai ulang tahun dari Nathan. Hingga saat ini, banyak merk alat elektronik yang mengembangkan dan mengeluarkan telepon genggam jenis terbaru misalnya saja Samsung, Nokia, Apple.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments