Teknik Memotret Wajah Menggunakan Kamera DSLR

Teknik Memotret Wajah Menggunakan Kamera DSLR

Hal pertama yang sangat perlu diperhatikan yaitu pastikan bahwa kamera sudah dalam keadaan siap untuk digunakan, cek baterai, memory dan lain sebagainya. Setelah kamera siap untuk digunakan, selanjutnya Anda coba mensetting kamera terlebih dahulu, setting kamera ke mode av (aperture value) yaitu hanya sebatas merubah besarnya bukaan diafragma hingga pada shutter speed sudah secara otomatis di set oleh kamera DSLR tersebut.

Untuk bukaan terbaik atau tingkat ketajaman terbaik ada di bukaan f/8.0 ketika DOF (depth of field) lebih panjang dapat juga digunakan bukaan f/14 (tidak disarankan menggunakan bukaan f/16 keatas, memang semua terlihat fokus tetapi ketajaman sudah berkurang. Akibatnya hasil foto yang didapat justru kurang maksimal. Selanjutnya Anda sempurnakan dengan ISO 100 ( semakin rendah semakin baik) ketika cahaya kurang namun shutter speednya kurang (shutter speed lebih baik diatas 1/60 agar tidak shake) dapat coba Anda naikkan ISO nya. Lantas yang terakhir lebih baik gunakan lensa wide semacam 18-55mm ataupun 17-85mm.

Setelah Anda menyelesaikan settingan, sempurnakan lokasi manakah yang terbaik untuk memotret, serta dalam penentuan lokasi pemotretan ini harus di sempurnakan baik-baik juga sebab akan berpengaruh pada hasil foto. Untuk lokasi yang mengarah cahaya matahari, lebih baik memotret jangan ke arah yang berlawanan, namun akan lebih baik jika membelakangi matahari (sebab Anda membutuhkan cahaya matahari untuk pencahayaan). Meskipun Anda menggunakan kamera DSLR pencahayaan menjadi hal penting yang perlu tetap Anda perhatikan.

Memotret lebih baik dilakukan pada maupun sore hari. Sebab ketika siang hari, cahaya matahari terlalu tajam (umumnya langit putih dan terlihat sangat tidak menarik). Pilih background yang baik dan tentunya bagus (pilih sesuka hati). Kemudian carilah angle terbaik, hal ini dapat juga dikatakan Anda dapat memilih low angle, mid angle atau high angle. Dimana untuk ketiga angle tersebut memperlihatkan perbedaan pada hasil foto atau gambar yang sangat berarti. Sebenarnya hal seperti ini dapat juga dikatakan sebagai konsep foto.

Bila Anda ingin memotret wajah menggunakan kamera DSLR, perhatikan latar belakang. Sebisa mungkin hindari latar belakang yang terlalu berwarna-warni atau gambar yang sangat berantakan yang menyebabkan hasil foto menjadi kurang terang (kemungkinan bisa juga justru latar belakang yang menjadi lebih menonjol). Jadi, Anda harus berusaha untuk menghindarinya. Jikalau Anda sudah mencoba dengan teknik dasar memotret menggunakan DSLR, maka kemudian lanjutkan untuk lebih berani dalam bereksperimen dengan teknik-teknik dasar yang lainnya. Setidaknya hasil foto dengan menggunakan kamera semahal dan secanggih apapun tanpa didukung kemampuan bereksperimen, hasilnya juga belum tentu dapat dikatakan maksimal atau bahkan profesional. Terus asah kebiasaan Anda dalam menggunakan DSLR dan temukan teknik terbaik Anda.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments