Tips Membuka Bisnis Jual Beli Elektronik Bekas

Tips Membuka Bisnis Jual Beli Elektronik Bekas

Barang bekas memang tidak selamanya menjadi barang yang tidak memiliki manfaat atau pun nilai, barang bekas bisa menjadi barang yang begitu menguntungkan untuk para pemiliknya. Bila Anda dapat memaksimalkannya menjadi sebuah bisnis atau usaha yang baik. Terlebih di Indonesia, keberadaan barang bekas yang layak pakai begitu diperhitungkan dikarenakan hanya sedikit menggunakan sentuhan kreativitas, barang ini bisa dipergunakan kembali. Inilah sebabnya terdapat peluang membuka bisnis jual beli elektronik bekas.

Jika Anda ingin membuka bisnis yang satu ini. Memang Anda harus memiliki keahlian untuk mengetahui bagaimana kondisi hingga berapa biaya untuk menyulapnya menjadi bagus kembali. Tips yang pertama untuk membuka bisnis ini ialah mengecek seperti apa kondisi barang. Anda harus memastikan seluruh kondisi dari barang yang Anda jual. Barang bekas yang nantinya Anda jual harus masuk di dalam kategori layak jual. Layak jual di sini ialah barang tersebut masih memungkinkan untuk dibeli oleh orang atau ada orang yang bisa memanfaatkannya. Perhatikan layak jualnya barang. Layak jual bukan berarti bagus. Contohnya sebuah komputer yang rusak bisa Anda beli dan Anda reparasi kembali. Namun Anda harus memperhatikan besar biaya reparasi dan harga jual setelah dilakukan reparasi.

Tips yang kedua dalam jual beli elektronik bekas  ialah beri harga yang wajar dan masuk akal. Tentu karena ini termasuk barang bekas, Anda harus menjual dengan harga yang lebih realistis. Anda tidak mungkin dapat menjual elektronik bekas dengan harga seperti elektronik baru. Oleh sebab itu standar harga yang berlaku di barang bekas ialah harga yang miring, walaupun mungkin kondisinya hampir sama dengan barang baru yang berada di pasaran. Harga miring ini bukanlah harga promo atau diskon tapi harga yang masuk akal ketika Anda tawarkan kepada konsumen setia Anda.

Tips ketiga ialah perbanyak berburu barang-barang bekas. Untuk jual beli barang ini, Anda harus memperoleh barang bekas. Agar bisa memperoleh produk yang satu ini, Anda harus lebih rajin kesana kemari agar bisa mendapatkannya. Bila Anda sudah menemukan tempat atau pun personal yang menjual barang bekas namun berkualitas, Anda dapat menjadikan mereka sebagai partner atau pun mitra usaha. Semakin banyak Anda memperoleh referensi tempat penjualan barang untuk dibeli, semakin menarik pula usaha jual beli barang bekas yang Anda geluti.

Baca juga:  Serba Serbi Alat Elektronik Telepon


Tips terakhir dalam jual beli elektronik bekas ialah pilih lokasi yang strategis. Sama seperti bisnis pada umumnya, usaha ini juga memerlukan lokasi yang relatif strategis. Agar bisa memudahkan konsumen memperoleh barang Anda, pilih lokasi yang benar-benar baik dan strategis. Anda harus mengatur dengan rapi dan baik agar terlihat unik. Jika memungkinkan, Anda bisa mempromosikan barang Anda secara online.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments