Untung Rugi Pakai Lensa Converter Kamera

Untung Rugi Pakai Lensa Converter Kamera

Lensa kamera seperti wide angle lens bukanlah hal yang bisa dibeli dengan mudah, harganya bisa selangit, dan tidak semua orang sempat menabung untuk membelinya. Namun jika Anda memang masih belum yakin untuk membeli lensa yang mahal tersebut, masih ingin latihan, ataupun hanya ingin menggunakannya untuk keperluan pribadi, maka lensa converter bisa menjadi alternatif yang memberikan hasil yang cukup baik, setidaknya untuk sementara.

Lensa konversi seperti ini pada dasarnya merupakan sebuah extenders atau multipliers, yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan focal length kekuatan lensa Anda sampai setidaknya 1,4-2 kali. Tentu saja, karena penggunaannya yang lebih bersifat universal, lensa konversi semacam ini tidak selalu memberikan hasil maksimal, dan bagi sebagian orang, tidak selalu bisa dibandingkan dengan lensa yang sesungguhnya. Namun kalau Anda sedang butuh, harganya yang jauh lebih murah merupakan faktor yang menggoda untuk memilihnya.

Keuntungan dari menggunakan lensa converter seperti ini ada beberapa, selain tentu saja harganya yang lebih terjangkau. Ini dia beberapa keuntungan lainnya:

Baca juga:Tips Menentukan Kualitas Action Kamera

1. Focal length

Ini keuntungan pertama yang akan Anda sadari ketika menggunakannya, bahwa focal length bisa ditingkatkan sampai dengan 40%, bahkan 100% jika Anda menggunakan lensa konversi 2x, sehingga Anda bisa melakukan zooming sampai 140-400 mm.

2. Ringan

Karena Anda tidak perlu membawa beberapa lensa sekaligus yang ukurannya besar, Anda lebih mudah membawanya kemana-mana, sekaligus tentunya lebih hemat tempat di tas.

3. Bisa foto dalam jarak minimum

Fotografi makro? Kenapa tidak? Gunakan lensa ini ketika Anda tidak memiliki macro lens yang khusus.

Namun tetap saja, berhubung lensa semacam ini bukan lensa yang khusus didedikasikan untuk keperluan spesifik, ada beberapa kekurangan yang harus Anda hadapi saat menggunakannya:

1. Tentang apertur

Apertur maksimum yang akan Anda dapatkan akan berkurang cukup banyak, sehingga hasil dari kamera Anda akan berbeda. Cahaya tak akan masuk sebanyak yang biasanya, dan akan terlihat terutama di tempat yang sedikit cahayanya.

2. Gerakan

Kamera juga akan lebih sensitif ketika tangan Anda bergetar atau bergerak, sehingga lebih baik Anda menyiapkan diri dengan menggunakan tripod atau meningkatkan shutter speed.

3. Kecepatan fokus melambat

Kecepatan fokus pada kamera Anda juga akan melambat, bahkan untuk beberapa merk DSLR, Anda tak akan bisa menggunakan auto focus sama sekali. Anda harus menggunakan fokus manual.

4. Kualitas gambar menurun

Kualitas hasil gambar yang Anda ambil akan menurun, terutama di kontras dan ketajamannya.

Jadi, haruskah memakai lensa converter seperti ini? Iya, kalau memang Anda tak ada biaya dan hanya digunakan untuk kesempatan tertentu saja. Tetapi untuk situasi yang profesional? Sebaiknya Anda membeli lensa khusus yang memang tersedia jika ingin hasil maksimal. Jika Anda tak lensa seperti wideangle ataupun fish eye lens, Anda bisa meminjamnya. Untuk saat ini, merk lensa kamera dan konverternya yang sedang populer adalah lensa kamera nikon

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments