Baju Batik Keris, Legendaris Dari Tanah Surakarta

Baju Batik Keris, Legendaris Dari Tanah Surakarta

Batik merupakan salah satu warisan leluhur yang menjadi salah satu ciri khas dari Indonesia. Batik identik dengan Yogya, Solo, Pekalongan yang menjadi produsen batik terbesar di Indonesia. Dari sekian banyak produsen batik yang ada di Indonesia, terdapat produsen di Solo yang telah memproduksi batik yang legendaris yaitu Batik keris. Baju Batik Keris saat ini masih sangat diminati oleh masyarakat di Indonesia, dengan penggunaan warna dari alam adalah salah satu daya tarik dari batik Solo tersebut.

Batik Keris merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 1947 oleh Kasom Tjokrosaputro dan Ibu Gaitini (istrinya) yang awalnya berdagang batik. Dari orang tua Pak Kasom, akhirnya menjadi modal bagi Pak Kasom untuk berjualan batik yang bernama Keris yang beralamatkan di Jl. Kom. Yos Sudarso atau sekarang yaitu Jl. Nonongan No. 62, Solo. Seiring dengan perkembangan jaman, Batik Keris membangun pabrik batik yang berada di Kemlayan, Solo dan letaknya tepat di belakang toko keris. Di tahun 1970, Batik Keris membangun Pabrik Printing di Kleco, Solo dan kemudian membuka toko Sarinah di tahun 1972 dan membuka kantor pusat serta pabrik di Cemani, Grogol, Sukoharjo.

Terdapat 2 cara pembuatan Batik Keris yaitu dengan cara manual dan mesin. Penggunaan cara yang manual yaitu penggunaan wax-resist dyeing yang berarti malam dipergunakan untuk mencegah pewarnaan sebagian di kain. Pembuatannya yaitu dengan cara cap atau dengan cara tulis. Pembuatan dengan metode cap tentunya membutuhkan cap untuk memberikan motif pada kain sedangkan metode tulis, harus menggunakan canting untuk menggambar pola batik. Karena pembuatan dengan metode manual tulis lebih lama dibandingkan dengan cap, tidak heran jika harganya lebih mahal. Sedangkan dengan menggunakan mesin, pengerjaannya menjadi lebih cepat.

Baca juga: Model Baju Batik Wanita & Pria Modern Terbaru

Misi untuk melestarikan budaya bangsa, membuat Batik Keris menggunakan pola alam. Batik Keris menggunakan motif dan pola seperti pemandangan, flora, fauna untuk batiknya sehingga tidak heran jika baju batik keris memiliki pola yang menarik. Kain batik tersebut, tidak hanya cocok untuk membuat pakaian wanita namun juga pria dan dapat dipadukan dengan berbagai jenis pakaian mulai dari kemeja atau blush, hingga rok dan celana. Motif yang bervariasi dapat memberikan sentuhan tersendiri untuk pakaian yang dihasilkan dari kain Batik Keris.

Baju dari Batik Keris atau yang dipadukan dengan Batik Keris dapat Anda gunakan untuk berbagai acara, misalnya yaitu untuk busana pesta. Anda dapat menggunakan pakaian dari bahan yang lembut misalnya siffon, sutra untuk memberikan kesan yang lebih mewah dan elegan. Model baju dapat dipadupadankan dengan potongan bawah yang menggunakan bahan Batik Keris sedangkan bagian atas dengan sutra ataupun sifon atau dapat dikombinasikan misalnya dengan menggunakan baju siffon transparan sebagai outer. Anda juga dapat memadukannya dengan menggunakan brokat ataupun menggunakan katun Jepang misalnya sebagai bawahan ataupun atasan dan batik menggunakan.

Paduan model busana baju batik keris yang dapat Anda aplikasikan diantaranya untuk:

- Busana kantor misalnya menggunakan blazer dari batik keris sebagai luaran atau menggunakan Batik Keris untuk membuat kemeja ataupun blush yang dapat Anda gunakan untuk bekerja.

- Busana kebaya. Anda dapat memadukan kebaya yang Anda miliki dengan menggunakan bawahan dari Batik Keris misalnya dengan membuatnya menjadi rok atau dengan cara ‘nyamping’ seperti penggunaan kain batik di jaman dahulu yaitu dililitkan langsung.

- Busana santai dengan membuatnya menjadi rok pendek ataupun celana yang dapat Anda padukan dengan jeans atau baju lainnya seperti kaos polos.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments