Ragam Kuliner di Kota Anging Mamiri (Makassar)

Ragam Kuliner di Kota Anging Mamiri (Makassar)

Mie Awa adalah makanan favorit Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto. Begitu sukanya dengan mie ini, sang walikota langsung menuju ke kedai di Jalan Sulawesi N0.142 sesaat mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin usai melakukan kunjungan kerja ke Eropa. "Saya sengaja melepas kerinduan dengan Mie Awa karena makanan favorit saya ini sering disebut sebagai tempat ngumpuluya anak muda Makassar," ujar birokrat yang disapa Danny Pomanto ini.

Apa yang menjadikan Mie Awa istimewa

Seperti halnya Mie Titi, Mie Awa digoreng kering hingga berwarna kecokelatan. Setelah itu, mie disiram kuah kental berisi sayuran, daging ayam, bakso. dan juga udang. Tekstur mie yang renyah membuat terasa lebih lezat dinikmati saatmasih panas. Kota Makassar termasuk salah satu destinasi wisata kuliner yang terkenal. Beragam rasa kuliner, mulai dari gurih asin hingga manis, bisa Anda cicipi saat berada di Kota Angin Mamiri itu.

Berikut sejumlah referensi kuliner khas Makassar.


Pallubasa


Sajian berupa semangkuk daging sapi dengan kuah kaldu berwarna coklat dengan campuran parutan kelapa. Tambahkan jeruk nipis dan sambal cair agar paduan rasa gurih, asam, asin, dan pedas, menggoda indera perasa di sekitar mulut dan tenggorokan. Anda juga bisa menambahkan telur mentah dicampur Palubasa. Salah satu tempat yang menyediakan Pallubasa adalah Kedai Palbas Serigala.

Coto Makassar


Makanan berisi potongan-potongan jeroan (isi perut) dan irisan daging sapi yang dibumbui racikan khusus dan direbus dalam waktu lama. Coto Makassar biasa disantap dengan ketupat. Anda bisa menemukan kuliner ini di sepanjang Jalan Sultan Hassanuddin. Satu lagi tempat makan Coto Makassar yang mendapat rekomendasi bagus yakni Aroma Coto Gagak di Jalan Gagak No. 27.

Sop Konro


Sop Konro berbahan baku iga sapi atau kerbau, diramu dengan rempah-rempah dan ditaburi lada hitam, daun seledri, bawang goreng, jeruk nipis, dan sambal. Di Makassar Anda bisa menemukan kuliner ini di berbagai sudut kota. Salah satunya di Restoran Sop Konro Karebosi di Jalan Gunung Lompobattang. Di Lapangan Karebosi juga terdapat Rumah Makan Konro Bakar Karebosi. Daging konro ini dibakar sempurna dan diracik dengan bumbu tertentu yang membnatnya empuk dan memiliki cita rasa rempah yang khas, dipadu bumbu kacang dan kuah.

Pisang Epe

Selain makanan berat ada juga penganan ringan seperti Pisang Epe dan Sarabba yang bisa dijumpai di dekat Anjungan Pantai Losari. Pisang Epe panggang tersedia dengan pilihan saus gula merah, durian, cokelat, dan keju. Ketika masih panas, Pisang Epe cocok disantap dengan Sarabba, minuman hangat berbahan dasar gula merah, jahe, santan, susu, garam, merica, biji pala. dan kayu manis. Manfaatnya beragam mulai dari meningkatkan stamina, melancarkan peredaran darah, mengatasi perut kembung, dan mengobati flu.

Es Pisang Ijo

Es Pisang I jo terdiri dari pisang raja yang dibungkus adonan tepung berwama hijau yang dibaluri saus dari santan. Untuk menambah rasa nikmatnya, bisa ditambahkan es dan sirup sesuai selera. Kuliner segar ini bisa dijumpai di Bravo Restaurant di Jl. Andalas N0.145 atau di Rumah Makan Muda Mudi, Jalan Rusa No. 45 Makassar. Sebelum kembali ke daerah asal, turis lokal biasanya tak lupa membawa oleh -oleh Jalangkote, penganan semacam pastel khas Makassar dan Otak-Otak Ibu Elly di Jalan Kijang. Otak-otak yang dijual per paket berisi 10, 20, dan 50 buah ini bisa disimpan dua hari di lemari pendingin.

Pembaca Artikel ini juga Baca (via mobile digeser):

Share this:

Disqus Comments